Tips Memulai Bisnis Kuliner Dari Nol

Tips Memulai Bisnis
source: pixabay

Banyak sekali bisnis yang bisa anda jadikan untuk mendapatkan tambahan atau penghasilan contohnya bisnis kuliner, bisnis online, konveksi baju seragam dan lainnya. Hal ini menjadikan anda mungkin bingung atau dilema antara bisnis satu dengan yang lain manakah yang paling menjanjikan. Tentu saja sebelum memilih focus bisnis yang akan anda tekuni, anda dibutuhkan untuk mengetahui dan mempertimbangkan pilihan anda agar nanti dapat berjalan secara maksimal dan mengetahui Tips Memulai Bisnis.

Salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis kuliner. Hal ini disebabkan karena bagi setiap mausia, makanan merupakan suatu kebutuhan yang menjadi primer untuk melangsungkan kehidupan. Dibandingkan dengan barang-barang tertentu, makanan sekiranya lebih diutamakan oleh banyak orang sebelum mempertimbangkan untuk membeli hal lain yang diinginkan.

Namun perlu diketahui bahwa bisnis kuliner ini tidak hanya terdiri dari satu atau dua makanan saja yang bisa anda tentukan. Ada banyak sekali variasi makanan yang bisa menjadi pilihan anda untuk diperdagangkan. Baik makanan lokal maupun mancanegara dapat menjadi pilihan anda. Atau bisa juga minuman yang banyak digandrungi oleh khalayak luas, sepeti es teh kemasan atau es kopi.

Keuntungan lain dalam melakukan bisnis kuliner adalah pengembangannya ke depan. Jika bisnis kuliner anda sudah berhasil dan banyak dikenal oleh khalayak luas, anda bisa membesarkannya menjadi bisnis waralaba atau juga bisa dibentuk sebagai franchise. Meski mulanya anda hanya menjual makanan atau minuman di pinggir jalan, bisa dibayangkan jika di setiap jalan di berbagai kota terdapat brandmilik anda, bagaimana hasil pendapatan anda?

Tidak hanya menjanjikan, bisnis kuliner ini juga lebih terkesan sederhana dan mudah untuk beradaptasi. Anda bisa dengan mudah mengubah desain penyajian atau pengemasan sesuai dengan trend yang ada. Tentunya disesuaikan dnegan harga yang anda tawarkan agar anda tetap mendapatkan keuntungan dalam melakukan bisnis anda. 

Jika anda ingin memilih melakukan bisnis kuliner, berikut beberapa tis yang perlu anda perhatikan sebelum menentukan pilihan agar tidak salah langkah. 

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Tips Memulai Bisnis
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Tentukan jenis kuliner yang anda inginkan

Banyaknya varian makanan baik lokal maupun mancanegara menjadi penting bagi anda untuk menentukan pilihan menu yang akan anda bisniskan. Hal ini sangat perlu ditentukan di tahap awal karena ke depannya akan mempengaruhi banyaknya modal dan tempat yang pas untuk melakukan bisnis kuliner ini. Oleh sebab itu, anda harus segera menentukan menu pilihan yang akan digunakan sebagai menu andalan anda.

Sebelum menentukan pilihan, perlu anda pertanyakan pada diri anda, apakah akan melakukan bisnis yang akan terus berjalan tanpa melihat tren atau hanya akan bertahan hingga tren makanan berhenti? Jika anda ingin bertahan hingga jangka waktu yang lama, maka sebaiknya pilihlah menu yang memiliki pasar atau minat yang tidak habis dimakan waktu.

Siapkan dan hitung modal yang anda butuhkan

Setelah menentukan jenis makanan atau minuman yang akan anda pilih untuk bisnis kuliner, langkah selanjutnya adalah mengihutung berapa banyaknya modal yang akan anda butuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar bisnis anda dapat berjalan secara maksimal.

Sebelum menentukan modal tersebut, tetapkan dahulu jenis besar atau kecilnya bisnis yang akan anda bangun. Jika anda ingin membuat sebuah restoran, maka tentu modal yang akan dibutuhkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan modal yang dibutuhkan untuk membuat warung sederhana. Tentunya hal tersebut nantinya juga akan mempengaruhi harga pejualan dan target market anda.

Jika target market anda adalah orang-orang dengan keuangan menengah keatas, maka anda bisa membuat sebuah restoran atau sejenisnya dengan memperhatikan tempat dan penyajian makanan yang menarik. Karena snagat jelas harga yang ditawarkan tidak hanya harga makanan tersebut, akan tetapi juga harga pelayanan dan penyajiannya.

Berbeda jika anda ingin membuat sebuah warung sederhana, penyajian yang sederhana dan citarasa makanan yang sangat perlu diperhatikan karena dengan demikian pelanggan akan mendatanginya lagi karena lidahnya yang termanjakan oleh makanan anda. 

Tentukan tempat yang strategis

Tempat dari suatu bisnis atau usaha sangat menentukan penghasilan yang akan anda dapatkan. Biasanya tempat yang cenderung tampak dari jalanan raya akan lebih memungkinkan adanya pelanggan baru yang mungkin sedang melintasi jalanan tersebut. Disamping itu, kemudahan tempat dan parker biasanya menjadi pilihan orang untuk menentukan tempat makan yang akan dituju setelah rasa yang ditawarkan.

Bisa dibayangkan jika bisnis kuliner anda terletak di tempat yang tidak terlihat atau di lorong yang sempit menjadikan orang malas untuk mampir atau sekedar memanjakan perutnya. Karena susahnya menuju tempat tersebut dan jarang ditemu oleh orang-orang baru. Dengan demikian, menentukan tempat bisnis kuliner yang tepat merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh dikesampingkan.

Baca juga: Goa Batu Cermin dengan Dinding Goa yang Memukau

Cita rasa menu pilihan anda

Seteah menyiapkan teknis dalam melakukan bisnis kuliner, hal yang paling penting untuk anda perhatikan adalah cita rasa yang ditawarkan. Jika anda menampilkan rasa yang mantap dan sangat ramah di lidah pelanggan, tentunya kelak mereka akan datang berkali-kali untuk mendapatkan kenikmatan yang sama tersebut. Hal ini yang senantiasa perlu diperhatikan karena salah satu kesusahan dari bisnis kuliner adalah menjaga cita rasa yang khas agar tidak hilang.

Berbeda jika rasa yang anda tawarkan biasa saja atau sama dengan bisnis kuliner yang dijajakan di tempat lain, pasti nantinya tiap pelanggan yang datang akan menganggap sama cita rasa dari m enu anda dengan menu di tempat lain. Untuk itu ciri khas rasa memang tidak pernah bisa ditanggalkan begitu saja. Terlebih bagi anda yang ingin focus melakukan bisnis kuliner. 

Staff

Times Newsline adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.